Wednesday, July 10, 2024

PT Rifan Financindo Berjangka - ETF Emas Mencatatkan Arus Masuk Di Bulan Juni, WGC Melaporkan

PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Pada bulan Juni, dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas secara fisik (ETF) global mengalami arus masuk selama dua bulan berturut-turut, terutama karena peningkatan kepemilikan oleh dana yang terdaftar di Eropa dan Asia, menurut World Gold Council (WGC). Tren ini merupakan perubahan yang penting setelah tiga tahun mengalami arus keluar yang konsisten, sebagian karena suku bunga global yang tinggi.

Permintaan investasi untuk emas, yang sering dilihat sebagai aset safe haven, telah signifikan, dengan logam mulia ini mencapai harga tertinggi sepanjang masa di $2.449,89 per ons pada 20 Mei, di tengah ketegangan geopolitik dan ketidakpastian ekonomi.

Arus masuk ke dalam ETF emas mencapai 17,5 metrik ton, setara dengan $1,4 miliar, di bulan Juni. Perkembangan ini telah menjadi sedikit penyangga terhadap kerugian yang terjadi pada paruh pertama tahun 2024, dengan WGC mencatat bahwa arus masuk hanya sedikit membatasi kemunduran ini.

Terlepas dari peningkatan minat investor baru-baru ini, total aset yang dikelola untuk ETF emas mencapai $233,3 miliar, dengan kepemilikan kolektif sebesar 3.105,5 ton, yang mendekati level terendah sejak tahun 2020.

Untuk periode Januari-Juni 2024, WGC melaporkan bahwa arus keluar mencapai $6,7 miliar, atau 120 ton, menandai kerugian terbesar untuk paruh pertama tahun ini sejak 2013. Arus keluar sebagian besar dipimpin oleh dana di Eropa dan Amerika Utara, sementara Asia menjadi satu-satunya wilayah dengan arus masuk bersih selama jangka waktu yang sama - PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : investing

No comments:

Post a Comment