Friday, July 12, 2024

Rifan Financindo Berjangka - Ramalan Harga Emas Hari Ini: Sudah Overbought, Hati Hati Koreksi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Harga emas dunia turun pada perdagangan jelang siang hari ini. Ke depan, seperti apa prospek harga sang logam mulia?

Harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 2.405,15/troy ons. Turun 0,28% dibandingkan hari sebelumnya.

Koreksi ini terjadi setelah harga emas melonjak. Kemarin, harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.413/troy ons. Melonjak 1,7% dan menjadi yang tertinggi sejak 21 Mei.

Harga emas pun tidak jauh dari level tertinggi sepanjang masa. Pada 20 Mei, harga emas menyentuh rekor tertinggi sepanjang sejarah di US$ 2.326,2/troy ons.

Bagaimana ramalan harga emas? Apakah bisa bangkit atau malah makin terjepit?

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas masih mantap di zona bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 61,95. RSI di atas 50 menandakan suatu aset sedang dalam posisi bullish.

Namun, perlu diperhatikan bahwa indikator Stochastic RSI sudah berada di 93,08. Sudah di atas 80, yang berarti tergolong jenuh beli (overbought).

Harga emas sudah menyentuh level US$ 2.405/troy ons, yang kebetulan merupakan pivot point. Dari sini, memang ada risiko harga akan turun.

Target support terdekat ada di US$ 2.389/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.368/troy ons bisa menjadi target selanjutnya.

Apabila masih kuat naik, maka US$ 2.420/troy ons berpotensi menjadi resisten terdekat. Penembusan di titik ini bisa membawa harga emas naik lagi menuju US$ 2.425/troy ons - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

 
Sumber : bloomberg

 

No comments:

Post a Comment