Tuesday, June 25, 2024

PT Rifan Financindo - Emas Didukung Oleh Pembelian Bank Sentral

PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Meskipun dibebani prospek pertumbuhan ekonomi AS dan inflasi yang membandel, harga emas diperkirakan akan terus mendapatkan dukungan dari faktor lain yaitu pembelian oleh bank sentral, menurut survei World Gold Council (WGC). Hasil survei menunjukkan bahwa 81% responden berpikir bank sentral akan meningkatkan kepemilikan emas mereka pada tahun 2024 – persentase tertinggi sejak survei dimulai pada tahun 2019.

Sebagian besar pembelian oleh bank sentral dilakukan oleh khususnya oleh beberapa bank sentral Asia yang menimbun emas sebagai lindung nilai terhadap penguatan Dolar AS. Dengan Fed mengurangi ekspektasi pemotongan suku bunga dari tiga menjadi satu pada tahun 2024, menurut dot plot Fed terbaru, tahun ini banyak mata uang Asia mengalami depresiasi signifikan terhadap Dolar AS.

Tren menggunakan emas sebagai penyangga terhadap kekuatan Dolar AS semakin diperkuat oleh pembagian perdagangan dunia yang semakin partisan antara negara-negara BRICS dan Barat. Kebijakan utama BRICS dan sekutunya adalah mematahkan dominasi Dolar AS sehingga tidak dapat digunakan sebagai senjata terhadap anggota mereka (termasuk Rusia dan sekarang Iran) dalam sanksi. Salah satu pengganti realistis Dolar adalah melakukan perdagangan dalam aset keuangan yang didenominasikan emas.

Perpecahan antara BRICS dan Barat, selain itu, telah dipercepat oleh invasi Rusia ke Ukraina dan perang Israel melawan Hamas, yang telah membagi dunia sepanjang garis ideologis dan politik. Mengingat konflik ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat, mereka kemungkinan akan terus memberikan dorongan permintaan emas, baik sebagai potensi alat tukar maupun tempat berlindung yang aman - PT RIFAN FINANCINDO

Sumber : investing

 

No comments:

Post a Comment