Thursday, June 6, 2024

Rifan Financindo - Harga Emas Memang Naik 1% Lebih, Tapi Harus Tetap Hati Hati

RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Harga emas dunia naik pada perdagangan kemarin. Kenaikannya pun lumayan tajam, lebih dari 1%.

Harga emas dunia di pasar spot ditutup di US$ 2.356,6/troy ons. Naik 1,19% dibandingkan hari sebelumnya.

Harga emas ‘balas dendam’ setelah sempat terkoreksi hampir 1%. Dalam sepekan terakhir, harga komoditas ini naik 0,77% secara point-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga bertambah 1,31%.

Rilis data ketenagakerjaan di Amerika Serikat (AS) jd katalis lesatan harga emas. Automatic Data Processing Inc (ADP) melaporkan, sektor swasta di Negeri Adikuasa menciptakan 152.000 lapangan kerja pada Mei. Ini menjadi yang terendah dalam 4 bulan terakhir, dan juga di bawah ekspektasi pasar yang memperkirakan sebanyak 175.000.

Besok malam, Departemen Ketenagakerjaan AS akan merilis data resmi penciptaan lapangan kerja non-pertanian (non-farm payroll) dan tingkat pengangguran. Konsensus pasar memperkirakan non-farm payroll pada Mei sebesar 185.000. Lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya yakni 175.000.

Namun jika non-farm payroll turun signifikan, maka pasar akan lebih nyaman dalam berekspektasi The Fed (Federal Reserve, bank sentral AS) bisa menurunkan suku bunga acuan pada September,” ujar Bart Melek, Head of Commodity Strategies di TD Securities, seperti diberitakan Bloomberg News.

Mengutip CME FedWatch, probabilitas pemangkasan Federal Funds Rate pada September mendatang makin besar. Kini peluang pemotongan 25 basis poin (bps) ke 5-5,25% mencapai 57,2%.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas akan lebih menguntungkan dalam iklim suku bunga rendah.

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), emas kembali merangsek ke zona bullish. Terlihat dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 52,28. RSI di atas 50 menandakan suatu aset sedang dalam posisi bullish.

Namun, indikator Stochastic RSI berada di 27,46. Menghuni zona jual (short) sehingga berisiko melahirkan tekanan.

Oleh karena itu, risiko koreksi harga emas masih tinggi. Target support terdekat ada di US$ 2.341/troy ons. Jika tertembus, maka US$ 2.337/troy ons bisa menjadi target selanjutnya.

Sedangkan target resisten terdekat adalah US$ 2.361/troy ons. Penembusan di titik ini bisa membawa harga emas naik menuju US$ 2.381/troy ons - RIFAN FINANCINDO

Sumber :  bloomberg

 

 

No comments:

Post a Comment