Friday, August 9, 2024

Rifan Financindo Berjangka - Harga Emas Naik Lebih Dari 1 Persen, Putus Tren Koreksi Berhari Hari

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Harga emas dunia menguat signifikan pada perdagangan Kamis (8/8/2024), didorong oleh permintaan aset safe-haven yang kuat dan meningkatnya ekspektasi pemangkasan suku bunga yang signifikan dari bank sentral Federal Reserve (The Fed) Amerika Serikat (AS) pada September.

Menurut data pasar, pada Kamis, emas spot naik 1,86 persen ke USD2.423,90 per troy ons, mengakhiri penurunan lima hari beruntun.

Sementara, pada Jumat (9/8) pagi, pukul 06.41 WIB, logam mulia tersebut terkoreksi tipis 0,12 persen.

Kepala operasional Allegiance Gold Alex Ebkarian mengatakan, dikutip Reuters, Kamis (8/8), “Apa yang diuntungkan dari emas adalah memberikan stabilitas lebih, dan semakin banyak investor yang melihat itu... ini adalah perpindahan dari aset berisiko ke aset safe-haven.”

Alex menambahkan, “Prospek emas tetap kuat, tetapi kita mengalami lebih banyak volatilitas, dan tergantung pada dampak pemotongan suku bunga. Jika The Fed memutuskan untuk memangkas suku bunga sebesar 0,5 persen, kami memprediksi akan ada lonjakan yang lebih besar di pasar logam.”

Di sisi geopolitik, pembunuhan anggota senior kelompok militan Hamas dan Hezbollah pekan lalu meningkatkan kemungkinan serangan balasan oleh Iran terhadap Israel.

Emas dianggap sebagai lindung nilai (hedge) terhadap ketidakpastian geopolitik dan ekonomi serta cenderung berkembang di lingkungan suku bunga rendah.

Broker seperti J.P. Morgan, Citigroup, dan Wells Fargo memprediksi pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) oleh Fed pada September setelah rilis data pekerjaan AS pekan lalu.

Pasar memperkirakan peluang 72 persen untuk pemangkasan suku bunga The Fed 50 bps pada September, meningkat dari 70 persen pada Senin, menurut Alat FedWatch CME, dengan tambahan pemotongan yang diantisipasi pada Desember.

Data AS menunjukkan ada 233.000 klaim pengangguran awal pekan lalu, di bawah 240.000 yang diperkirakan oleh ekonom dan turun dari 250.000 pada pekan sebelumnya, mengurangi kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi terbesar di dunia.

Harga sempat emas jatuh sebanyak 3 persen pada Senin, terjebak dalam penjualan global yang dipicu oleh kekhawatiran resesi AS - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : investing

 

No comments:

Post a Comment