Friday, August 4, 2023

Rifan Financindo Berjangka - Emas Raih Sedikit Dorongan Setelah Downgrade AS, Dolar Menguat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Logam mulia terima sedikit permintaan safe haven, bahkan ketika downgrade utang AS oleh Fitch mendorong risk aversion di pasar keuangan lainnya.

Namun analis mengatakan bahwa langkah ini akan berdampak kecil pada pasar keuangan, dan lebih didorong oleh kekhawatiran akan pengeluaran fiskal yang membengkak dan perdebatan politik mengenai kebijakan.

Dolar naik setelah downgrade Fitch, mendapat dukungan dari data payrolls yang jauh lebih kuat oleh ADP. Angka tersebut mengikuti data awal pekan ini yang menunjukkan beberapa tanda pemulihan manufaktur dan konstruksi AS.

Data juga mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve akan memiliki ruang ekonomi yang cukup untuk menaikkan suku bunga lebih lanjut dan mempertahankannya di sana - sebuah skenario yang menjadi pertanda buruk bagi pasar emas dan logam.

Kenaikan suku bunga mendorong naiknya biaya peluang untuk menyimpan emas, dan juga membuat investor lebih memilih dolar sebagai aset safe haven daripada emas.

Pasar juga menunggu peluang kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin dari Bank of England hari ini.

Komoditas pagi ini, nikel jatuh 3,49% pada penutupan dini hari, timah jatuh 3,19% Selasa di ICE London, dan bijih besi jatuh 3,68% - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : investing.com

No comments:

Post a Comment